Massa Minta Bupati Batalkan Hasil Penetapan Delapan Cakades Terpilih

MUSIRAWAS -Puluhan massa tergabung dalam Ikatan Sarjana Rakyat Indonesia ( ISRI ) Kabupaten Musi Rawas, Jumat (18/06) mendatangi Kantor Bupati Musi Rawas guna menyampaikan aspirasi.

Kehadiran ISRI dibawah Koordinator Lapangan ( Korlap ), Febri Habibi Asril ini, menyampaikan tuntutan kepada Bupati Musi Rawas, Hj. Ratna Machmud agar membatalkan penetapan hasil pemilihan Delapan calon kepala desa ( Cakades ).

Menurut mereka, berdasarkan tafsiran hukum ada yang keliru dan mengevaluasi kinerja seluruh komponen yang terlibat dalam penyelenggaraan Pilkades se Kabupaten Musi Rawas.

Adapun delapan Cakades yang diminta untuk ditunda pelantikannya, yakni Desa Karya Teladan Kecamatan Muara Kelingi, Desa G1 Mataram dan Desa F.Trikoyo Kecamatan Tugu Mulyo , Desa Karya Mulya Kecamatan Megang Sakti, Desa Sumber Karya Kecamatan STL Ulu Terawas, Desa Ciptodadi Kecamatan Suka Karya dan dua desa dalam wilayah Kecamatan Bts Ulu yakni Desa Sungai Bunut dan Desa Pelawe .

Febri Habibi Asri menjelaskan, desakan kepada Bupati agar menunda pelantikannya yakni diduga salah tafsir dalam menjalankan amanah pasal 44 pasal tentang protokol kesehatan ( Peraturan Menteri Dalam Negeri No.72 Tahun 2020 ), Pasal 40 tentang suara untuk pemilihan Kepala Desa ( Peraturan Menteri Dalam Negeri No.112 Tahun 2014 tentang Pemlihan Kepala Desa ).

Kemudian pasal 56 tentang suara untuk pemilihan Kepala Desa Sah, Pasal 57 tentang suara untuk Pemilihan Kepala Desa Tidak Sah dan pasal 59 ayat (1) poin E tentang ketidakkonsitenan dalam menentukan surat suara yang sah dan tidak sah ( Perda No 12 Tahun 2015 tentang tata cara pemilihan, pengangkatan dan pelantikan dan pemberhentian Kepala Desa ).

Juga pasal 60 ayat (1) tentang pemungutan suara di TPS ( Perbup No.11 tahun 2016) .

Setelah menyampaikan orasi di depan Kantor Bupati Musi Rawas itu, perwakilan massa dengan pengawalan pihak Polres Musi Rawas dan Polsek Muara Beliti, diterima Asisten I , H.Heriyanto didampingi Kepala Dinas  Pemberdayaan Masyarakat Desa ( DPMD ), Ahmadi Zulkarnain dan Kabag Ops Polres Musi Rawas, Kompol  Feby Febriana  dan juga hadir Wakil Ketua DPRD Musi Rawas , Firdaus Cik Olah diruangan Rapat Kantor Bupati Musi Rawas. (*)

%d blogger menyukai ini: