Jhuan : Organisasi Wartawan Diharapkan Ikut Berperan Terhadap Kemajuan Daerah

MUSIRAWAS- Peran serta organisasi wartawan bukan hanya untuk memperjuangkan kepentingan masyarakat Pers namun bagaimana dapat ikut serta memberikan kontribusi terhadap kemajuan daerah dan masyarakat.

Demikian disampaikan Ketua PWI Musi Rawas, Jhuan Silitonga saat melaksanakan audiensi bersama Dinas Kominfo dan Statistik Kabupaten Musi Rawas, Kamis (28/1/2021).

“PWI yang menjadi organisasi wartawan tertua dan terbesar di republik ini dapat menjadi corong dan wajahnya pers Indonesia. Namun peran organisasi bukan hanya untuk kepentingan masyarakat Pers saja tapi bagaimana organisasi ini dapat berkontribusi bagi daerah dan masyarakat umum,” ungkap Jhuan yang didampingi Wakil Ketua Bidang Organisasi Firmansyah, sekretaris, Budi Santoso dan Bendahara, Andi Salahudin.

Dikatakan Jhuan, pada bulan Februari ini tepatnya 9 Februari akan menjadi hajat masyarakat Pers dalam merayakan Hari Pers Nasional (HPN) dan tanggal tersebut juga sebagai perayaan Hari Ulang Tahun PWI ke 75 tahun.

“Di momen ini kita jadikan sebagai awal kebangkitan pers dan ekonomi dari situasi Pandemi Covid-19,” ujarnya.

Untuk merayakan HPN 2021 ini, ada beberapa rangkaian kegiatan yang akan dilaksanakan PWI Mura seperti giat Bakti Sosial dan Talkshow bersama KPU Mura.

Untuk itu, audiensi ini dilakukan selain menjalin komunikasi juga meningkatkan sinergitas antara PWI Mura dengan Pemkab Mura melalui organisasi perangkat daerahnya.

Terkait pelaksanaan HPN 2021 tingkat nasional akan dilaksanakan di Jakarta, namun mengingat situasi Pandemi Covid-19, pelaksanaan tersebut dilaksanakan secara daring berskala nasional.

“Peringatan HPN 2021 akan dilaksanakan di Jakarta sebagai tuan rumah, namun karena pandemi Covid-19, maka dilakukan secara daring dan ini akan memacahkan rekor muri dengan peserta daring terbanyak di Indonesia yang melibatkan seluruh masyarakat pers se-Indonesia,” terangnya.

Sementara, intruksi dari pusat meminta setiap provinsi untuk melaksanakan peringatan HPN 2021 bersama Gubernur dengan melaksanakan pemotongan tumpeng bersama Presiden RI secara daring.

“Setiap kabupaten/Kota akan mengirimkan utusan untuk menghadiri kegiatan HPN di Sumsel. Sementara PWI Mura dalam waktu dekat akan menggelar Talk Show bersama KPU Mura, ini juga sebagai wujud sinergitas bersama demi terjalinnya komunikasi yang baik,” ucapnya.

Sementara, Kepala Diskominfo Mura, M Rozak mengaku siap mendukung dan menyambut baik apa yang menjadi agenda PWI Kabupaten Mura. Menurutnya, PWI merupakan orgainisasi yang menjadi mitra Pemda. Dia juga meminta peran serta media pers dalam memberikan informasi yang cepat, aktual dan terpercaya,

“Khususnya jelang pelaksanaan kegiatan vaksinasi Covid-19. Peran media harus dapat dioptimalkan dalam memberikan edukasi kepada masyarakat, agar masyarakat paham dengan vaksin ini dan tidak ragu divaksin, dengan mempublikasikan dan menjelaskan vaksin tersebut,” katanya.

“Apa pun kegiatan PWI Mura yang dapat memberikan manfaat bagi semua pihak akan kita dukung,” ringkasnya.(rilis)

%d blogger menyukai ini: